Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil (Ayam Kate) Dan Cara Merawatnya!!

Jenis ayam yang bertubuh kecil ini sangat wajib diketahui, khususnya bagi yang hobi memelihara dan berternak unggas dan sejenisnya. Seperti diketahui, ayam adalah salah satu jenis unggas yang mudah di pelihara.

Selain dipelihara untuk dimamfaatkan daging dan telurnya, ternyata ayam juga bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Dan salah satu jenis ayam yang bagus dijadikan hewan peliharaan di rumah adalah ayam kate.

Ayam kate adalah salah satu jenis ayam yang mempunyai tubuh kecil. Lantas, apa saja jenis jenis ayam yang bertubuh kecil (ayam kate) tersebut dan bagaimana cara merawatnya dengan baik? Berikut ulasannya.

Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil (Ayam Kate) Dan Bagaimana Cara Merawatnya

#1. Ayam Serama

Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil
Ayam Serama
Ayam Serama adalah salah satu jenis ayam yang bertubuh kecil yang banyak penggemarnya, dan banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Walaupun kecil, namun jenis ayam ini pernah dijual dengan harga mencapai 30 jutaan di kontes ayam.

Kabarnya, semakin kecil tubuhnya, maka semakin tinggi harga jual belinya. Ciri-ciri ayam serama selain memiliki tubuh kecil dan mungil adalah mempunyai ekor lurus panjang dengan corak yang beragam.

BACA JUGA: 19+ Jenis Ubur Ubur Terindah (Tercantik) di Dunia

#2. American Game Bantam

Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil
American Game Bantam
American Game Bantam adalah salah satu jenis ayam yang bertubuh kecil (ayam kate) yang berasal dari Amerika Serikat. Walaupun bertubuh kecil, namun banyak orang yang menjadikan jenis ayam ini sebagai ayam aduan.

#3. Ayam Kate Pictave

Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil
Ayam Kate Pictave
Warna bulu dan corak jenis ayam ini hampir sama dengan ayam jago yang didominasi oleh warna merah, hitam dan putih. Selain itu, posturnya juga mirip. Yang membedakan adalah jenis ayam ini berukuran kecil, dan tubuhnya tidak bisa tumbuh sebesar ayam jago.

#4. Ayam Kate Burma

Sesuai dengan namanya " Ayam Kate Burma/Burma’s Chicken " adalah salah satu jenis ayam kate yang berasal dari Burma. Diantara semua jenis ayam kate, mungkin Ayam Kate Burma/Burma’s Chicken adalah jenis ayam kate paling unik di dunia.

#5. Ayam Kate Batik

Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil
Ayam Kate Batik
Dinamakan " Ayam Kate Batik " karena jenis ayam kate ini memiliki bulu cantik dengan corak yang mirip seperti batik. Motif dan corak bulu jenis ayam kate ini cukup bervariasi, namun pada umumnya banyak didominasi oleh warna putih, kuning emas, dan cokelat.

Walaupun namanya ada unsur " batik " dan banyak ditemukan di Indonesia, namun faktanya jenis ayam ini berasal dari Inggris.

#6. Ayam Kate Berbulu

Dilihat dari namanya yaitu " Ayam Kate Berbulu " sudah bisa diterka kalau jenis ayam kate ini memiliki bulu-bulu yang lebat. Namun uniknya, bulu lebat pada jenis ayam ini tidak berada di tubuhnya, melainkan pada bagian kakinya saja, sehingga terlihat lebih menggemaskan.

#7. Ayam Kate Jepang

Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil
Ayam Kate Jepang
Sesuai dengan namanya " Ayam Kate Jepang " ini berasal dari Jepang dengan warna khas yang menyerupai negara asalnya. Perpaduan warna putih pada tubuhnya, merah pada jengger dan kepalanya, serta ekornya yang biasanya berwarna hitam membuat jenis ayam ini tampak elegan.

#8. Ayam Kate Jambul Mekar

Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil
Ayam Kate Jambul Mekar
Kalau jenis ayam kate ini dikatakan mirip dengan Ayam Cemani yang diidentikan dengan warna hitam pekat di seluruh tubuhnya. Perbedaan Ayam Kate Jambul Mekar dengan Ayam Cemani terletak pada bagian tubuh yang ada di dalam bulunya berwarna putih kecokelat-cokelatan.

#9. Ayam Rosecomb Bantam

Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil
Ayam Rosecomb Bantam
Selain Ayam Kate Batik, ada satu lagi jenis ayam kate yang berasal dari Inggris, yakni Ayam Rosecomb Bantam. Ciri-ciri ayam ini yaitu memiliki warna mayoritas hitam gelap kehijau-hijauan, bagian kepala berwarna merah, dan jengger berwarna putih.

Keunikan dari Ayam Rosecomb Bantam ini terletak pada bulu ekornya yang berhelai besar, sehingga menambahkan keeksotisannya.

#10. Belgian Bearded d’Anvers

Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil
Belgian Bearded d’Anvers
Jenis ayam yang bertubuh kecil terakhir yaitu Belgian Bearded d’Anvers. Sesuai dengan namanya, jenis ayam ini berasal dari Belgia. Selain " Belgian Bearded d’Anvers " jenis ayam ini memiliki banyak namanya di antaranya adalah Antwerpse baardkriel, Bearded d’Anvers Bantam, dan Antwerp Belgian.

Cara Merawat Ayam Kate (Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil)

Setelah mengetahui berbagai jenis ayam kate atau jenis ayam yang bertubuh kecil, ada beberapa hal dasar yang perlu diketahui tentang cara merawatnya. Hal-hal dibawah ini sangat wajib dilakukan jika kamu ingin memeliharanya supaya ayam kate tersebut bisa berkembang dengan cantik.

Memberi Makanan Yang Sesuai

Supaya ayam kate tersebut mempunyai tubuh yang sehat dan bulu-bulu yang cantik, maka harus diberi makanan-makanan yang sehat dan sesuai dengan porsi yang dianjurkan, yaitu dua kali setiap harinya.

Makanan-makanan yang dianjurkan adalah biji-bijian seperti jagung, beras merah, vour ayam, dan jangan lupa juga diberi vitamin. Khusus untuk makanan anak ayam kate sangat dianjurkan dihaluskan dulu agar mudah dicerna.

Menjaga Kebersihan Kandang

Jika ingin ayam kate tumbuh dengan sehat, maka kebersihan kandangnya juga harus diperhatikan. Minimal 2 hari sekali harus dibersihkan dengan mengunakan air bersih supaya kandangnya tidak dipenuhi kotorannya dan sisa makanannya.

Perawatan Khusus Anak Ayam Kate

Seperti diketahui, anak ayam kate pasti belum mempunyai bulu-bulu yang sempurna, sehingga anak ayam kate tersebut sangat sensitif terhadap suhu disekitarnya, dan sangat rentan terkena berbagai penyakit. 

Untuk itulah perlu perawatan khusus terhadap anak ayam kate tersebut. Salah satu contohnya adalah menambahkan penutup kedap air dibagian atas kandangnya, dan memasang lampu yang bisa dijadikan sebagai pemanas disekitarnya agar tetap hangat.

Membersihkan Bulu-Bulunya Secara Rutin

Bulu pada ayam kate merupakan bagian yang paling sering dilihat sebagai penilaian, baik pada saat mengikuti kompetisi maupun ketika ingin dijual dan dibeli. Untuk itulah membersihkan bulu-bulunya sangat harus dilakukan agar bulu-bulunya terlihat cantik.

Memberikan Waktu Bermain Yang Cukup

Ini merupakan salah satu cara merawat ayam kate yang sering dilupakan yakni memberikan waktu bermain yang cukup. Karena ayam kate tersebut sering mengalami stres jika berada di dalam kandang setiap harinya. 

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa jenis jenis ayam yang bertubuh kecil (ayam kate) dan bagaimana cara merawatnya agar ayam kate tersebut bisa tumbuh dan berkembang menjadi ayam kate yang cantik dan elegan. Semoga artikel ini bermamfaat.