Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19+ Jenis Ubur Ubur Terindah (Tercantik) di Dunia

Jenis ubur ubur terindah di dunia berikut ini sangat wajib untuk diketahui oleh para pecinta hewan laut eksotis. Seperti diketahui, ubur ubur adalah salah satu hewan laut tercantik namun juga berbahaya di dunia.

Hal ini dikarenakan, ubur ubur bisa melepaskan racun atau sengatan pada tentakelnya, sehingga orang-orang yang menyentuh tentakelnya bisa terluka, mulai dari luka ringan hingga luka berat tergantung jenisnya.

Tercatat ubur ubur mempunyai kurang lebih 700an jenis yang tersebar di berbagai perairan di dunia. Nah, pada kesempatan kali ini, blog jenispedia.com akan membahas tentang jenis ubur ubur terindah yang ada di dunia.

Jenis Ubur Ubur Terindah (Tercantik) di Dunia

#1. Aequorea Victoria

Jenis Ubur Ubur
Aequorea Victoria
Aequorea Victoria atau juga kadang disebut dengan nama " Crystal Jellyfish " adalah salah satu jenis ubur ubur yang paling unik di dunia. Dikatakan " unik " karena spesies ubur ubur ini mempunyai badan yang transparan. 

Dalam penelitiannya, warna transparan spesies ubur ubur yang banyak ditemukan di pantai barat Amerika Utara ini dikarenakan protein GFP yang sekarang ini mulai diteliti sebagai salah satu solusi masalah kesehatan.

BACA JUGA: 10+ Jenis Ayam Yang Bertubuh Kecil (Ayam Kate) Dan Cara Merawatnya!!

#2. Australian Box Jellyfish

Jenis Ubur Ubur
Australian Box Jellyfish
Kurang lebih sama dengan Aequorea Victoria (Crystal Jellyfish), Australian Box Jellyfish juga merupakan salah satu jenis ubur ubur yang memiliki badan transparan.

Selain itu, Australian Box Jellyfish juga merupakan salah satu spesies ubur ubur yang paling berbahaya di dunia. Hal ini disebabkan karena Australian Box Jellyfish memiliki racun yang sangat mematikan di setiap ujung tentakelnya.

#3. Flower Hat Jelly

Jenis Ubur Ubur
Flower Hat Jelly
Flower Hat Jelly adalah salah satu spesies ubur ubur yang sangat cantik di dunia. Disamping itu, Flower Hat Jelly juga merupakan salah satu spesies ubur ubur yang paling langka di dunia saat ini.

Yang paling menarik dari spesies ubur ubur berukuran 6 inchi ini adalah warnanya yang sangat mencolok dengan nuansa orange, dan ungu, serta terlihat seperti sebuah bola topi bunga yang sedang menyala.

Hal ini dikarenakan tentakel-tentakel yang tidak digunakannya akan menempel ke badannya dan menyala. Padahal dibalik tentakel-tentakelnya tersebut tersimpan racun yang cukup mematikan bagi manusia dan mahkluk hidup lainnya.

#4. Moon Jellyfish

Jenis Ubur Ubur
Moon Jellyfish
Moon Jellyfish adalah salah satu spesies ubur ubur yang memiliki banyak nama lain seperti Aurelia Aurita, Common Jelly, Saucer Jelly, dan lainnya. Penamaan-penamaan ini bukan tanpa alasan melainkan karena keindahannya.

Ya! Moon Jellyfish adalah salah satu spesies ubur ubur tercantik di dunia. Hanya saja, Moon Jellyfish termasuk salah satu hewan laut yang berumur pendek yang akan segera mati setelah melakukan reproduksi.

#5. Nomura’s Jellyfish

Jenis Ubur Ubur
Nomura’s Jellyfish
Nomura’s Jellyfish adalah salah satu spesies ubur ubur terbesar di dunia. Dimana diketahui, diameter spesies ubur ubur yang satu ini bisa mencapai 6 meter dengan panjang bisa mencapai kurang lebih 100 meter.

Nama " Nomura’s Jellyfish " ini diambil dari nama seseorang yang mendedikasikan dirinya untuk mempelajari secara mendalam spesies ubur ubur raksasa ini.

#6. Bathykorus Bouilloni

Tidak banyak informasi yang diketahui tentang spesies ubur ubur yang satu ini. Hal ini dikarenakan habibat asli dari Bathykorus Bouilloni ini cukup sulit dijangkau oleh manusia yaitu di kutub utara.

Beberapa kalangan mengatakan bahwa pada permukaan badannya terdapat 4 tentakel yang lumayan besar. Dimana setiap tentakel-tentakelnya tersebut terdapat 3 kantong yang dipercaya menyimpan racun yang mematikan.

#7. Black Sea Nette

Jenis Ubur Ubur
Black Sea Nette
Yang menarik dari spesies ubur ubur ini selain ukurannya yang tergolong besar dengan tentakelnya yang bisa mencapai 6 meteran yaitu adanya warna hitam pada badannya. Hal ini sesuai dengan namanya yakni " Black Sea Nette ".

Habitat asli dari spesies ubur ubur ini yaitu di Samudera Pasifik. Hanya saja, spesies ubur-ubur yang satu ini kini sudah jarang ditemukan alias mulai langka. 

#8. Pyllorhiza Punctata

Jenis Ubur Ubur
Pyllorhiza Punctata
Pyllorhiza Punctata adalah salah satu jenis ubur ubur paling eksotis di dunia dengan warnanya yang sedikit transparan, banyak terdapat bintik-bintik putih, dan pada tentakelnya terdapat sejenis bulu yang berwarna orange.

Disamping itu, Pyllorhiza Punctata juga merupakan salah satu spesies ubur ubur yang mudah ditemukan oleh manusia. Karena spesies ubur-ubur berukuran sekitar 50 cm ini sering terapung dipermukaan lautan.

Habitat asli dari spesies ubur-ubur ini yaitu di Samudera Pasifik (mulai dari perairan Australia hingga perairan Jepang. Dan yang lebih terpenting lagi, Pyllorhiza Punctata termasuk salah satu spesies ubur-ubur yang tidak terrlalu berbahaya.

#9. Chrysaosa Colorata

Jenis Ubur Ubur
Chrysaosa Colorata
Spesies ubur ubur ini juga cukup unik dengan bentuk badannya yang mirip dengan jamur. Selain itu, warnanya yang putih namun cenderung ke merah muda dengan garis berwarna cokelat membuatnya terlihat lebih eksotis.

Habitat asli dari spesies ubur ubur yang berukuran kurang lebih 70 cm ini yaitu di perairan California (Amerika Serikat). Hanya saja, sampai sekarang belum diketahui apakah spesies ubur ubur ini memiliki racun yang mematikan atau tidak.

#10. Costa Rican Jellyfish

Sesuai dengan namanya " Costa Rican Jellyfish " ini adalah spesies ubur ubur yang banyak ditemukan di perairan Kosta Rika. Yang unik dari spesies ubur ubur ini yaitu bentuknya mirip terompet dan berwarna merah muda kehitam-hitaman.

Dan yang paling menarik dari spesies ubur ubur ini, yaitu fase hidupnya. Dimana di dalam fase hidupnya, spesies ubur ubur ini tidak ada fase polip yang membuat Costa Rican Jellyfish langsung ke fase dewasa.

#11. Cannonball Jellyfish

Jenis Ubur Ubur
Cannonball Jellyfish
Keunikan dari Cannonball Jellyfish ini yaitu bentuknya yang mirip seperti sayur kubis dengan warna belang-belang, yakni kombinasi antara cokelat dan hitam.

Yang menarik dari spesies ubur ubur berukuran kurang lebih 25 cm ini yaitu sengatannya tidak terlalu berbahaya. Disamping itu, Cannonball Jellyfish merupakan salah satu spesies ubur-ubur yang cukup jinak.

#12. Jelly Blubber

Jenis Ubur Ubur
Jelly Blubber
Spesies ubur ubur yang warnanya di dominasi warna putih susu ini banyak ditemukan di perairan timur Australia. Selain itu, spesies ubur ubur yang berukuran 35 cm ini memiliki sengatan yang masuk kategori sedang.

#13. Irukandji

Jenis Ubur Ubur
Irukandji
Irukandji adalah jenis ubur ubur terkecil di dunia, dimana ukurannya cuma 0,2 inchi dengan warna transparan. Walaupun ukuran cuma 0,2 inchi, namun Irukandji dikenal sebagai salah satu hewan laut paling beracun di dunia.

Kabarnya, racun yang dimiliki oleh Irukandji ini 100 lebih kuat dari racun kobra. Selain itu, tentakel dan loncengnya bisa menyengat, dimana sengatan berkali-kali bisa menyebabkan kematian pada korbannya.

Biasanya, efek sengatan dari spesies ubur-ubur ini di antaranya adalah kram pada otot, merasakan sensasi terbakar, sakit kepala, muntah-muntah, menimbulkan rasa sakit pada ginjal, dan punggung.

#14. Cassiopea Ornata

Jenis Ubur Ubur
Cassiopea Ornata
Kalau Cassiopea Ornata ini sangat berbeda dengan spesies ubur-ubur pada umumnya. Dimana diketahui, spesies ubur ubur ini bergerak secara terbalik dengan tentakel di atasnya.

Umumnya, ubur-ubur melayang-layang di air untuk mencari mangsanya. Nah, Cassiopea Ornata ini justru lebih suka berdiam diri di dasar laut untuk menunggu mangsanya.

#15. Cotylorhiza Tuberculata

Jenis Ubur Ubur
Cotylorhiza Tuberculata
Cotylorhiza Tuberculata adalah salah satu spesies ubur ubur yang memiliki bentuk unik yakni mirip seperti telur goreng mata sapi. Makanya terkadang spesies ubur-ubur ini sering dijuluki sebagai " Ubur-Ubur Telur Goreng ".

Habitatnya banyak ditemukan di Laut Mediterania, makanya spesies ubur-ubur ini sering juga dinamakan " Ubur-ubur mediterania ". Selain di Laut Mediterania, Cotylorhiza Tuberculata juga bisa ditemukan di Laut Aegean, dan Laut Adriatik.

#16. Phacellophora Camtschatica

Jenis Ubur Ubur
Phacellophora Camtschatica
Kurang lebih sama dengan Cotylorhiza Tuberculata, Phacellophora Camtschatica juga dikenal dari bentuknya yang mirip seperti telur goreng mata sapi, sehingga sering dijuluki sebagai " Ubur-Ubur Kuning Telur ".

#17. Atolla Jellyfish

Jenis Ubur Ubur
Atolla Jellyfish
Atolla Jellyfish atau dikenal juga dengan nama " Coronate Medusa " atau dikenal juga dengan julukan " Ubur-Ubur Mahkota " adalah salah satu hewan laut yang hidup di laut dalam dengan kedalaman 5.000 meter.

Yang unik dari jenis ubur ubur yang satu ini yaitu akan mengeluarkan cahaya berwarna biru yang sangat mencolok ketika merasa terancam predator dengan tujuan untuk memancing predator lainnya yang lebih besar.

#18. Chironex Fleckeri

Chironex Fleckeri adalah salah satu spesies ubur-ubur paling berbahaya di dunia. Bahkan ubur-ubur yang dijuluki sebagai " Tawon Laut " ini disebut-sebut sebagai salah satu hewan paling mematikan di dunia.

Dimana kabarnya, seekor Chironex Fleckeri mempunyai racun yang cukup untuk membunuh 60 orang dewasa. Lebih berbahayanya lagi, spesies ubur-ubur ini memiliki tentakel sepanjang 3 meter yang nyaris tidak terlihat alias transparan.

#19. Cyanea Capillata

Jenis Ubur Ubur
Cyanea Capillata
Selain Nomura’s Jellyfish, ada satu lagi jenis ubur ubur berukuran besar yaitu Cyanea Capillata. Dimana, diameternya bisa mencapai 2 meteran dan panjang tentakelnya bisa mencapai kurang lebih 36 meteran.

Uniknya, tentakel-tentakel Cyanea Capillata ini berjumlah sangat banyak dan berukuran kecil-kecil sehingga terlihat seperti surai singa. Karena hal inilah yang membuat spesies ubur-ubur ini dijuluki sebagai " Ubur-ubur Surai Singa ".

Akhir Kata

Nah itu dia beberapa jenis ubur ubur terindah dan tercantik di dunia. Walaupun terlihat menawan, namun tetap harus hati-hati, karena hewan laut yang satu ini terkenal dengan racun-racunnya yang mematikan. Terima kasih.